Selasa, 26 Januari 2021

PC Restart sendiri ?

 Sedikit berbagi pengalaman

Saya menggunakan Motherboard MSI B450M PRO M2-MAX, yang memiliki indikator LED yang berfungsi mengetahui jika ada kendala pada PC kita.

Sebelumnya PC saya pernah terendam banjir sehingga saya mengganti motherboard lama dan Power Supplynya.

Kendala yang saya alami yakni, 

1. Saat asik digunakan, kadang mati tiba2 (awalnya saya kira overheat ternyata bukan)

2. Restart otomatis, saat terjadi, saya kemudian mulai memantau kinerja PC saya seperti Processor, RAM, VGA pada Task manager, namun tidak ada kelaianan, karena kasusnya RESTART SENDIRI, maka saya fokus pada RAM.

3. Saat Restart terjadi, Indikator LED yang menyala adalah CPU, sedangkan CPU saya baru, bingung sekaligus ngeri-ngeri sedap gak tuh?. Ternyata PSU nya yang menurut saya bermasalah

Akhirnya saya coba dengan,

1. melepas salah satu RAM (saya punya 2x8 GB DDR4)

2. menukar posisi

3. membersihkan dengan karet

Namun, itu semua masih tidak memberikan hasil positif

Sehingga saya berpikir bahwa memang CPU saya yang bermsalah, namun setelah dicobakan dengan RAM milik orang lain, masih sama malah blank.

Maka dari itu saya menyadari memang PSU saya yang bermasalah, saya coba melakukan

1. Menggosok 1 arah searah dengan kuningan ram menggunakan GABUS

kenapa?

Untuk menetralkan listrik pada RAM tersebut

setelah saya lakukan, Alhamdulillah PC saya bisa berjalan seperti biasa, NAMUN...

karena RAM saya total 16GB, saat saya pantau selalu stay di bawah 10GB (penggunaan RAM) masih berjalan aman,

Setelah saya melakukan kinerja yang MENGGUNAKAN RAM CUKUP BANYAK (diatas 10GB), terjadi kembali RESTART OTOMATIS karena memakan lebih banyak daya ram.

Akhirnya saya cukup ambil garansi life time atau membeli Power Supply baru.

Semoga membantu..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar